Manajemen Kualitas (1)

—Industrialisasi pada jaman modern -> Kualitas

—Dampak positif :

-Penurunan biaya produksi, proses pembuatan produk yg memiliki derajat kesesuaian tinggi terhadap standar sehingga bebas dari kerusakan (no waste & no inefisiensi)

-Peningkatan pendapatan, peningkatan penjualan atas produk berkualitas yang berharga kompetitif

 

Reaksi Berantai Deming:

Reaksi Deming

 

Keistimewaan Produk:

—Keistimewaan langsung (kepuasan langsung) -> mengkonsumsi produk yg memiliki karateristik unggul

—Keistimewaan atraktif (kepuasan tak langsung) -> sering memberikan kepuasan yg lebih besar pd pelanggan, spt online banking, pelayanan 24 jam

Tipe produk -> Tangible & Intangible:

1. Barang

2. Perangkat lunak (program komputer, prosedur/ instruksi)

3. Jasa

 

—Kualitas dpt juga diartikan sbg segala sesuatu yg menentukan kepuasan pelanggan & upaya perubahan ke arah perbaikan secara terus-menerus

—Fokus kualitas -> konsumen

 

Definisi Manajeme n Kualitas:

—Cara meningkatkan kinerja secara terus-menerus pd setiap level operasi / proses, menggunakan semua sumber daya manusia dan modal yang tersedia

—Quality Vocabulary (ISO 9000:2005) :

1. Perencanaan kualitas

2. Pengendalian kualitas

3. Jaminan kualitas

4. Peningkatan kualitas

 

Manajemen PDCA dalam Continual Improvement:

Manajemen PDCA

 

Tingkat Manajemen Level:

—Manajemen puncak, mengelola sasaran & tujuan strategik beserta kebijakan organisasi agar sesuai dg visi, misi dan nilai organisasi

—Manajemen menengah, bertanggung jawab kepada manajemen puncak untuk fungsi departemen mereka

—Manajemen rendah (lini pertama), berkaitan dg pelaksanaan & pengawasan program peningkatan kualitas total perusahaan sehari-hari

 

Karakteristik Kualitas Menurut Juran:

—Kualitas menjadi bagian dari setiap agenda manajemen atas

—Sasaran kualitas dimasukkan ke dalam rencana bisnis

—Fokus adalah pada pelanggan dan kesesuaian kompetisi

—Sasaran disebarkan ke tingkat yang mengambil tindakan

—Pelatihan dilaksanakan pada semua tingkat

—Pengukuran ditetapkan seluruhnya

—Manajer atas secara teratur meninjau kembali kemajuan dibandingkan terhadap sasaran

—Penghargaan diberikan untuk kinerja terbaik

—Sistem imbalan (reward) diperbaiki

 

Karakteristik Kualitas Modern:

1. Berorientasi pada pelanggan, setiap orang hrs menggunakan konsep berpikir sistem yang memperhatikan secara serius & benar akan berlakunya prinsip hubungan pemasok-pelanggan

2. Adanya partisipasi aktif yg dipimpin o/ manajemen puncak dlm proses peningkatan kualitas berkelanjutan

3. Pemahaman dari setiap orang terhadap tanggung jawab spesifik untuk kualitas

4. Aktivitas yg berorientasi kepada tindakan pencegahan kerusakan, bukan berfokus pada upaya untuk mendeteksi kerusakan saja

5. Jalan hidup; semua karyawan diberikan pelatihan tentang konsep kualitas beserta metodenya, berpartisipasi dlm usaha peningkatan kualitas dsb

 

3 Bagian Kualitas Modern:

1.Kualitas desain, mengacu pada aktivitas yg menjamin bahwa produk baru / yang dimodif di desain sedemikian rupa u/ memenuhi kebutuhan pelanggan serta secara ekonomis layak untuk diproduksi / dikerjakan

2.Kualitas kesesuaian, pembuatan produk / pemberian ajsa pelayanan yg memenuhi spesifikasi yg telah ditentukan sebelumnya pada tahap desain itu

3.Kualitas pemasaran; tingkat dimana dalam penggunaan produk itu memenuhi ketentuan dasar tentang pemasaran, pemeliharaan dan pelayanan purna jual

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s