Pemecahan Masalah dengan GKM

7 Tools

  • Lembar Periksa (Check Sheet)
  • Diagram Pareto
  • Diagram Sebab Akibat
  • Histogram
  • Scatter Diagram
  • Run Chart
  • Control Chart (Variable & Attribute)

Lembar Periksa (Check Sheet)

Formulir dimana item-item yang akan diperiksa telah dicetak dalam formulir itu, dg maksud agar data dapat dikumpulkan secara mudah dan ringkas.


Tujuan Lembar Periksa

  1. Memudahkan proses pengumpulan data, terutama untuk mengetahui bagaimana suatu masalah sering terjadi
  2. Mengumpulkan data tentang jenis masalah yg sedang terjadi
  3. Menyusun data secara terorganisir
  4. Memisahkan antara opini dan fakta

Langkah-langkah Pembuatan Lembar Periksa

  1. Menjelaskan tentang tujuan pengumpulan data
  2. Identifikasi apa variabel (kuantitatif) atau atribut (kualitatif) karakteristik kualitas yang sedang diukur
  3. Menentukan Waktu atau tempat pengukuran (per jam? Per hari?)
  4. Mengumpulkan data item yang sedang diukur
  5. Menjumlahkan data yang telah diukur
  6. Mengambil tindakan perbaikan atas penyebab masalah yang sedang terjadi

Lembar Periksa (Data Variabel)

  • Kita ingin mengetahui variasi dalam ukuran diameter dari suatu part tertentu. Telah ditetapkan o/ bagian disain bahwa spesifikasi ukuran diameter adalah 8,300+- 0,008cm

Contoh Lembar Periksa untuk Distribusi Proses Produksi Part Tertentu

Lembar Periksa

Lembar Periksa (Data Atribut)

  • Kita akan memeriksa proses akhir dari produk mainan plastik. Pemeriksaan memberikan tanda periksa, setiap kali menemukan produk cacat. Periode pengumpulan data ditetapkan selama 1 minggu pada tanggal xx-xx-xxxx. Pemeriksa berhasil memeriksa 1000unit mainan plastik dan menemukan bahwa 29 unit mainan ditolak karena cacat

Contoh Lembar Periksa Untuk Item Cacat

Lembar Periksa Item cacat


Diagram Pareto

Grafik batang yang menunjukkan masalah berdasarkan urutan banyaknya kejadian.


Kegunaan Diagram Pareto

  1. Menunjukkan masalah utama dengan mengurutkan prioritas dari beberapa masalah
  2. Menyatakan perbandingan masing-masing masalah terhadap keseluruhan
  3. Menunjukkan tingkat perbaikan setelah tindakan perbaikan pada daerah terbatas
  4. Menunjukkan perbandingan masing-masing masalah sebelum dan sesudah perbaikan

Langkah-langkah dalam Membuat Diagram Pareto

  • Menentukan masalah apa yang akan diteliti, mengidentifikasi kategori-kategori atau penyebab-penyebab dari masalah yang akan dibandingkan. Setelah itu merencanakan dan melaksanakan pengumpulan data
  • Membuat ringkasan daftar atau tabel yang mencatat frekuensi kejadian dari masalah yang telah diteliti menggunakan formulir pengumpulan data atau lembar periksa

Ringkasan Masalah

  • Membuat Daftar masalah secara berurut berdasar frekuensi kejadian dari yang tertinggi sampai terendah, serta hitunglah frekuensi kumulatif, persentase dari total kejadian dan persentase dari total kejadian secara kumulatif

Ringkasan Masalah

  • Membuat dua buah garis vertikal dan horizontal

Histogram

  • Mengambil tindakan perbaikan atau penyebab utama dari masalah yang sedang terjadi.
  • Untuk mengetahui akar penyebab dari suatu masalah, kita dapat menggunakan diagram sebab-akibat atau bertanya mengapa beberapa kali

Diagram Sebab Akibat

  • Suatu diagram yang menunjukkan hubungan di antara sebab dan akibat. Sering juga disebut dengan Diagram Tulang Ikan

Fungsi Diagram Sebab Akibat

  • Membantu mengidentifikasi akar penyebab dari suatu masalah
  • Membantu membangkitkan ide-ide untuk solusi suatu masalah
  • Membantu dalam penyelidikan atau pencarian fakta lebih lanjut

Langkah-langkah Membuat Diagram Sebab Akibat

  • Mulai dengan pernyataan masalah-masalah utama yang penting dan mendesak untuk diselesaikan
  • Tulis pernyataan masalah itu pada “kepala ikan” yang merupakan akibat
  • Tulis faktor-faktor penyebab utama (sebab-sebab) yang mempengaruhi masalah kualitas sebagai tulang besar, juga ditempatkan dalam kotak.
  • Tulis penyebab sekunder yang mempengaruhi penyebab utama
  • Tulis penyebab tersier yang mempengaruhi penyebab-penyebab sekunder
  • Tentukan item-item penting dari setiap faktor dan tandailah faktor-faktor penting tertentu yang kelihatannya memiliki pengaruh nyata terhadap karakteristik kualitas
  • Catat informasi yang perlu di dalam diagram sebab-akibat itu: judul, nama produk, proses, kelompok, daftar partisipan, tanggal dll

Contoh Diagram Sebab Akibat

Tulang Ikan


Tips untuk menjadi Problem Solver

  • Dilarang untuk takut terhadap masalah
  • Selalu menggunakan data yang dikumpulkan melalui pengukuran yang akurat, bukan perkiraan
  • Mempelajari alat-alat manajemen untuk menyelesaikan masalah, karena Anda tdk akan menang dengan “tangan kosong”
  • Meningkatkan kemampuan teknikal melalui belajar keahlian khusus, teknik-teknik dan tricks
  • Selalu mengikuti langkah-langkah sistematik dalam perencanaan proaktif dalam setiap aktivitas perencanaan
  • Analisis akar penyebab yang mungkin terjadi
  • Jangan pernah mencari “kambing hitam”
  • Jangan pernah menyalahkan situasi dan kondisi, tetapi kondisikanlah diri Anda pada situasi yang tempat untuk menyelesaikan masalah

Langkah Peningkatan Proses

  • Mendefinisikan Masalah dalam konteks proses
  • Identifikasi dan Dokumentasi Proses
  • Mengukur Kinerja
  • Memahami mengapa suatu masalah dalam konteks proses terjadi?
Tingkat Observasi Tindakan Hasil
Gejala Mobil tidak hidup Memanggil kendaraan derek Mengeluarkan biaya sek itar Rp 1.000.000
Penyebab Aki tdk berfungsi Mengganti aki mobil Tiba terlambat di tujuan
Akar Penyebab Perawatan preventif tdk dilakukan secara tepat Implementasi perawatan mobil sesuai saran pabrik Mobil tdk mogok lagi (masalah hilang)

Bertanya (Penjualan menurun)

No Bertanya Mengapa Jawaban
1 Mengapa penjualan menurun sebesar 12% dalam kuartal pertama? Sebab kita menjual lebih sedikit produk, sementara harga tetap
2 Mengapa kita menjual lebih sedikit produk? Sebab biaya untuk iklan berkurang sebesar 25%
3 Mengapa biaya untuk iklan berkurang 25%? Sebab proposal anggaran yang diminta tidak diterima tepat waktu
4 Mengapa proposal anggaran tidak diterima tepat waktu? Sebab manajer periklanan tidak ada
5 Mengapa manajer periklanan tidak ada? Sebab posisi itu tidak ditempati sejak departemen periklanan dibuka sejak dua bulan yang lalu

Bertanya (Mesin sering macet)

No Bertanya Mengapa Jawaban
1 Mengapa mesin sering macet? Sebab pemberian minyak pelumas tidak cukup
2 Mengapa pemberian minyak pelumas tidak cukup? Sebab pompa penyalur minyak pelumas tidak bekerja dengan baik
3 Mengapa pompa penyalur minyak pelumas tidak bekerja dengan baik? Sebab sumbu pompa tidak berfungsi
4 Mengapa sumbu pompa tidak berfungsi? Sebab minyak pelumas kotor masuk ke dalamnya
5 Mengapa minyak pelumas kotor masuk ke dalamnya? Sebab operator kurang berpengalaman dalam mengurus mesin
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s