Biaya Kualitas

  • Biaya kualitas adalah biaya yang berhubungan dengan penciptaan, pengidentifikasian, perbaikan, dan pencegahan kerusakan.

 Biaya Pencegahan

  • Biaya perencanaan kualitas.
  • Biaya tinjauan produk baru.
  • Biaya rancangan proses atau produk.
  • Biaya pengendalian proses.
  • Biaya pelatihan.
  • Biaya audit kualitas.

Biaya Deteksi Penilaian

  • Biaya pemeriksaan dan pengujian bahan baku yang dibeli.
  • Biaya pemeriksaan dan pengujian produk.
  • Biaya pemeriksaan kualitas produk.
  • Biaya evaluasi persediaan.

Biaya Kegagalan Internal

  • Biaya sisa bahan (scrap).
  • Biaya pengerjaan ulang.
  • Biaya untuk memperoleh bahan baku.
  • Factory “factory contact engineering”.

 Biaya Kegagalan Eksternal

  • Biaya penanganan keseluruhan selama masa garansi.
  • Biaya penanganan keluhan di luar masa garansi.
  • Pelayanan produk.
  • Product liability.
  • Biaya penarikan kembali produk.

 Konsep Biaya Kualitas

  • Biaya kualitas dibandingkan dengan nilai penjualan.
  • Biaya kualitas dibandingkan terhadap keuntungan.
  • Biaya kualitas dibandingkan dengan HPP.

 Pelibatan & Pemberdayaan Karyawan

  • Pelibatan karyawan => proses untuk mengikutsertakan para karyawan pada semua tingkatan organisasi dalam pembuatan keputusan & pemecahan masalah.
  • Usaha pemberdayaan karyawan dimulai dengan hal berikut:
  1. Manajer tingkat bawah memberi tanggung jawab pd karyawan.
  2. Melatih karyawan untuk melakukan delegasi & menerima tanggung jawab.
  3. Komunikasi & umpan balik perlu diberikan oleh manajer kepada karyawan.
  4. Penghargaan & pengakuan sbg hasil dari evaluasi kepada karyawan
  • PPK dianggap sbg penurunan kekuasaan.
  • Bekerja keras => bekerja tangkas => kerjasama & pemberdayaan.

Manajemen Partisipatif & PPK

  • Manajemen partisipatif => cara kerja dmn manajer selalu meminta bantuan karyawan untuk melakukan tugas pengambilan keputusan, pemecahan masalah.
  • PPK => mengarah pada karyawan untuk membantu dirinya sendiri & saling membantu.

 Faktor Penghambat PPK

  • Ketidaknyamanan manajer.
  • Nilai pribadi.
  • Ego.
  • Tidak berorientasi pada manusia.
  • Karakteristik kepribadian manajer.
  • Ketidakterlibatan manajer.
  • Struktur organisasi dan praktik manajemen.

Implementasi PPK

  • Brainstorming => manajer bertindak sebagai katalisator u mendukung diskusi antar peserta.
  • Groupthink => orang dalam suatu kelompok lebih banyak berfokus pada usaha untuk mencapai suatu keputusan yang baik.
  • Groupshift => anggota kelompok melebih-lebihkan keadaan awal & berharap bahwa akhirnya keputusan akan sesuai dengan apa yang benar-benar mereka butuhkan.
  • Nominal Group Technique
  1. Merumuskan permasalahan.
  2. Mencatat ide masing-masing anggota kelompok.
  3. Mencatat ide kelompok.
  4. Klarifikasi ide.
  5. Masing-masing anggota kelompok memilih ide yang dianggapnya sesuai.
  • Gugus Kualitas
  • Kotak Saran
  • Management by Walking Around
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s