Time Management

Pekerjaan yang menumpuk sangatlah membahayakan. Sebab hal ini bisa menimbulkan stress dan konflik di tempat kerja. Solusi untuk memecahkan isu ini adalah dengan menghandle waktu yang kita miliki untuk dimanfaatkan dengan efektif. Beberapa poin berikut dapat membantu Anda untuk menggunakan waktu dengan efisien:

  1. Bekerja cerdas, bukan bekerja keras. Kerja keras penting untuk diimplementasikan. Namun kerja cerdas bisa membantu Anda mengurangi waktu Anda yang terbuang dibandingkan dengan bekerja keras untuk melakukan hal yang manual. Otomatisasi dan penggunaan teknologi merupakan salah kunci untuk bekerja secara cerdas. Misalnya dengan memanfaatkan fasilitas Google document sehingga Anda bisa men-sharing suatu file pekerjaan Anda kepada kolega Anda sesuai dengan otoritasnya masing-masing. Menggunakan fasilitas contact grouping juga dapat membantu Anda mengurangi repetisi yang biasa dilakukan untuk mengirim email pada orang yang sama pada suatu kelompok tertentu.
  2. Sederhanakan Pekerjaan. Mengerjakan project besar ibarat memakan banyak buah semangka sekaligus dalam waktu bersamaan. Manusia memiliki banyak keterbatasan waktu dan kemampuan. Oleh karena itu, alangkah lebih baiknya untuk memecahkan pekerjaan besar ke dalam bagian-bagian kecil sehingga Anda bisa merasakan pekerjaan yang sudah selesai dari potongan bagian-bagian itu. Hal ini tentu jauh lebih baik dibandingkan dengan mengerjakan suatu project besar yang akan terasa sangat lama sekali untuk diselesaikan secara menyeluruh.
  3. Selesaikan pekerjaan yang paling penting dulu. Setiap tugas dalam pekerjaan Anda pastilah memiliki level prioritas masing-masing. Mengerjakan tugas dengan prioritas tertinggi terlebih dahulu akan meringankan beban kerja Anda. Parameter dari prioritas tertinggi bisa dilihat dari tanggal deadline nya. Lebih awal deadline berarti pekerjaan tersebut lebih prioritas.
  4. Fokus pada pekerjaan yang sedang dilakukan. Anda bisa saja melakukan multitasking atau melakukan beberapa pekerjaan sekaligus dalam satu waktu. Namun hal ini sangat lah tidak baik untuk kesehatan dan kinerja otak Anda. Riset berhasil membuktikan bahwa ketika seseorang sedang melakukan multitasking, maka IQ nya turun drastis setingkat dengan IQ anak SD. Cara terbaik untuk menyelesaikan masalah yang ada pada pekerjaan Anda adalah dengan memfokuskan pada pekerjaan yang sedang dilakukan sesuai dengan prioritasnya. Hal ini jauh lebih efisien dan efektif terhadap hasil yang akan Anda peroleh.
  5. Jangan tunda pekerjaan. Sudah menjadi hal yang lumrah kalau manusia bisa merasa malas dan jenuh. Namun malas merupakan suatu sifat yang hanya akan menghambat Anda menyelesaikan pekerjaan. Tetaplah semangat dan janganlah menunda pekerjaan Anda di hari esok. Tugas di kantor umumnya akan terus muncul pada setiap harinya. Jika Anda menunda pekerjaan Anda sekarang dan mendapati pekerjaan yang baru pada esok harinya akan membuat Anda tertekan atau pun stress. Hal ini tentu akan merusak performansi Anda. Ketika Anda merasa jenuh, cobalah untuk mencari selingan seperti keluar kantor untuk menghirup udara segar ataupun bermain video game untuk merefresh kembali otak Anda.
  6. Carilah Waktu Produktifmu. Setiap orang memiliki gaya dan kemampuan yang berbeda-beda. Begitu pula ketika seseorang sedang bekerja. Alangkah lebih baiknya untuk mencari waktu yang tepat untuk bekerja, datang lebih awal ke kantor sebelum kolega lain sampai merupakan salah satu kunci untuk mendapatkan waktu produktif yang tenang. Pepatah lama mengatakan “Awal hari mu akan menentukanmu pada waktu berikutnya”.
  7. Istirahat yang cukup. Anda pasti lelah dengan setumpuk pekerjaan dan rutinitas yang harus diselesaikan setiap harinya. Oleh karena itu, agar tetap prima, Anda haruslah beristirahat cukup pada malam harinya. Umumnya orang dewasa membutuhkan waktu sekitar 6 – 8 jam dalam sehari untuk tidur. Oleh karena itu, pergunakanlah waktu sebaik mungkin ketika Anda sedang bangun.

Semoga tips-tips di atas bisa membantu Anda untuk bekerja dengan lebih baik lagi. Layaknya seorang manusia, tentu, do’a dan hiburan juga vital untuk dilakukan untuk menyelingi rutinitas Anda di kantor.

Advertisements

3 thoughts on “Time Management

  1. Betul sekali Kido, jelas performa kita bisa menurun pada saat penuh tekanan, tapi yang jadi motivasi adalah bahwa setiap pekerjaan akan selesai, meskipun mengerjakannya selangkah demi selangkah, yang penting progresif dan tidak menyerah 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s