Apakah Perilaku organisasi itu?

Apa yang dilakukan oleh manajer?

  • Para manajer tidak bisa hanya berhasil dalam keahlian-keahlian teknis. Mereka juga harus mempunyai keahlian personal yang bagus.
  • Manajer => individu yang mencapai tujuan melalui orang lain.
  • Organisasi => sebuah unit social yang dikoordinasi secara sadar, terdiri atas 2 orang atau lebih, dan berfungsi dalam suatu dasar yang relative secara terus-menerus guna mencapai satu atau serangkaian tujuan bersama.

Fungsi manajemen (Tugas Manajer)

  • Perencanaan => proses yg meliputi pendefinisian tujuan suatu organisasi, penentuan strategi keseluruhan untuk mencapai tujuan tersebut, dan pengembangan serangkaian rencana komprehensif untuk menggabung dan mengoordinasi berbagai aktivitas.
  • Pengorganisasian => proses yg meliputi penentuan tugas yg hrs dikerjakan, siapa yg mengerjakan tugas tsb, bgmn tugas tsb dikelompokkan, siapa melapor kpd siapa, dan dmn keputusan-keputusan dibuat.
  • Kepemimpinan => proses yg mencakup pemberian motivasi karyawan, pengaturan org, pemilihan saluran komunikasi yg paling efektif, dan penyelesaian konflik.
  • Pengendalian => memantau aktivitas untuk memastikan aktivitas tsb diselesaikan spt yg telah direncanakan & membetulkan penyimpangan yg signifikan.

Peran Manajemen

  • Peran antarpersonal => tokoh utama, kepemimpinan, penghubung
  • Peran informasional => Pemantau, penyebar, juru bicara
  • Peran pengambil keputusan => kewirausahaan, penyelesai masalah, pengalokasi sumber daya, negosiator

Keahlian Manajemen

  • Keahlian teknis => kemampuan menerapkan pengetahuan atau keahlian khusus
  • Keahlian personal => kemampuan untuk bekerja sama, memahami, dan memotivasi orang lain, baik secara individual maupun dalam kelompok
  • Keahlian konseptual => kemampuan mental untuk menganalisis dan mendiagnosis situasi-situasi rumit

Manajer terlibat dalam aktivitas manajerial: Manajemen tradisional, Komunikasi, MSDM, Pembangunan Jaringan.

Aktivitas manajerial yang sukses? (promosi)

Aktivitas manajerial yang efektif? (kualitas & kuantitas kerja)

Perilaku Organisasi (PO)

  • Merupakan sebuah bidang studi yang menyelidiki pengaruh yang dimiliki oleh individu, kelompok, dan struktur terhadap perilaku dalam organisasi, yang bertujuan menerapkan ilmu pengetahuan semacam ini guna meningkatkan keefektifan suatu organisasi.
  • Pada umumnya, perilaku bisa ditebak, dan studi sistematis perilaku merupakan alat untuk membuat prediksi yang akurat & pantas.
  • Studi sistematis => memperhatikan hubungan-hubungan, berusaha mengaitkan sebab & akibat, dan mengambil kesimpulan berdasarkan bukti ilmiah.
  • Intuisi => perasaan instingtif yang tidak selalu didukung oleh penelitian.

Disiplin ilmu yang mendukung Perilaku Organisasi

  • Psikologi => ilmu pengetahuan yg berusaha mengukur, menjelaskan, dan terkadang mengubah perilaku manusia dan mahluk lain.
  • Psikologi social => bidang dalam psikologi yg memadukan konsep dari psikologi & sosiologi serta berfokus pada pengaruh seseorang terhadap orang lainnya.
  • Sosiologi => studi tentang manusia dalam kaitannya dengan lingkungan social dan kultur mereka.
  • Antropologi => studi kemasyarakatan untuk mempelajari manusia dan aktivitas-aktivitas mereka.

Hal Mutlak dalam PO

  • Konsep PO harus mencerminkan kondisi yang situasional atau mempunyai banyak kemungkinan. Misal: kita bisa mengatakan bahwa x menghasilkan y, tetapi dalam kondisi yang ditentukan dalam z.
  • Variabel kontinjensi (uncertain variable)=> factor-factor situasional: variabel yang meninjau hubungan antara dua variable atau lebih.
  • Contoh: Tidak semua individu menyukai pekerjaan yg menantang (konsep umum), ada juga individu yg menyukai pekerjaan yg bervariasi ataupun rutin dilakukan.

Tantangan dan Peluang untuk PO

  • MERESPONS Globalisasi:

1.Penugasan luar negeri yang meningkat

2.Bekerja dengan individu-individu dari kultur berbeda

3.Memantau perpindahan pekerjaan ke Negara-Negara yg mempunyai tenaga kerja berbiaya rendah

4.Mengatur individu selama perang melawan teror berlangsung

  • MENGELOLA KESERAGAMAN ANGKATAN KERJA:

Keseragaman angkatan kerja => konsep bahwa organisasi menjadi semakin heterogen dalam hal gender, usia, ras, etnik, orientasi seksual, dan keterlibatan berbagai kelompok lain.

1.Menerima keragaman

2.Perubahan pada demografis

3.Implikasi

Meningkatkan Kualitas & produktivitas

Ahli manajemen, Tom Peters berkata “Hampir semua peningkatan kualitas berasal dari penyederhanaan desain, manufaktur, susunan, proses & prosedur”. Untuk mencapai tujuan ini, para manajer mengimplementasikan program-program spt manajemen kualitas & perencanaan ulang proses-program yg membutuhkan keterlibatan karyawan yg ekstensif.

  • Merespon kurangnya tenaga kerja (disebabkan o/ angka kelahiran & tingkat partisipasi tenaga kerja)

Kebanyakan organisasi mengalami kegagalan karena karyawannya gagal menyenangkan pelanggan. Jadi, manajemen harus menciptakan sebuah kultur yg responsive terhadap pelanggan

MENINGKATKAN LAYANAN PELANGGAN

  • DI Negara maju, mayoritas perusahaan bergerak di industry jasa.
  • Di Negara berkembang, mayoritas perusahaan bergerak di industry manufaktur
  • Karakteristik perusahaan jasa & manufaktur?
  • Contoh: Seorang yang dokumennya tertinggal di restoran akhir nya menjadi pelanggan setia karena masalah nya terselesaikan dengan cepat.
  • Manajemen harus menciptakan kultur yg responsive terhadap pelanggan jika tidak ingin usahanya gagal.

MENINGKATKAN KEAHLIAN PERSONAL

  • Memberdayakan karyawan => membuat karyawan-karyawan bertanggung jawab atas apa yang mereka lakukan
  • MENSTIMULASI INOVASI & PERUBAHAN. Kemenangan akan diraih o/ organisasi yang mempertahankan fleksibilitas, terus-meneurs meningkatkan kualitas, serta mengalahkan kompetisi mereka dg pasar yg terus-menerus memiliki aliran produk & jasa yg inovatif.
  • Karyawan bisa menjadi pendorong inovasi & perubahan, ataupun bisa menjadi sebaliknya.
  • Tantangan manajer a/ menstimulasi kreativitas & daya tahan karyawan mereka terhadap perubahan

MENGATASI “KESEMENTARAAN”

  • Perubahan menghadirkan kesementaraan.
  • Bukti kesementaraan meliputi perancangan ulang pekerjaan, semakin banyak tugas yang dikerjakan oleh tim fleksibel & bukan oleh individu, pekerjaan dikontrakkan ke perusahaan lain, dan dana pensiun dirancang ulang agar selaras dengan individu ketika mereka berganti pekerjaan.
  • Tim kerja sementara => tim yg terdiri atas anggota dari departemen yg berbeda & yg anggotanya berganti setiap saat, dan semakin sering terjadi perputaran karyawan u/ mengisi tugas yg terus-menerus berubah.
  • Manajer harus belajar hidup dg fleksibilitas, spontanitas, dan ketidakpastian

BEKERJA DALAM ORGANISASI BERJARINGAN

Pekerjaan manajer berbeda ketika berada dalam sebuah organisasi berjaringan, terutama yang terkait dengan mengatur individu.

Contoh pekerjaan pada organisasi berjaringan (online): pembuat software, penulis, designer grafis.

  • MEMBANTU KARYAWAN MENYEIMBANGKAN KONFLIK

1.Konsep organisasi global berarti bahwa dunia kerja tidak mengenal istirahat.

2.Teknologi komunikasi memungkinkan karyawan untuk menyelesaikan pekerjaan mereka.

3.Organisasi meminta karyawan untuk memberikan jam kerja yang lebih lama.

4.Semakin sedikit keluarga yang hanya mempunyai satu orang pencari nafkah.

MENINGKATKAN PERILAKU ETIS

  • Dilema etis => situasi dimana individu diharuskan mendefiniskan kelakuan yg benar dan salah.
  • Haruskah mereka membongkar kebenaran jika mereka menemukan aktivitas illegal yg terjadi di perusahaan mereka?
  • Manajer & organisasi merespon masalah ini dari sejumlah arah, dg cara memberikan seminar, lokakarya dan program pelatihan serupa untuk berusaha meningkatkan perilaku etis, menghubungi penasihat dsbg

Mengembangkan Model PO

  • Model => gambaran sederhana dari beberapa fenomena dunia nyata, contoh maneken & rumus.
  • Model dasar PO tingkat:

Tingkat individual -> Tingkat kelompok -> Tingkat system organisasi

Variabel Dependen

  • Merupakan respons yang dipengaruhi oleh variable independen, contoh:

1.Produktivitas, ukuran kinerja yang mencakup efektivitas & efisiensi

2.Mangkir, ketidakhadiran di kantor tanpa izin. Apakah semua orang yg tidak hadir selalu buruk?

3.Perputaran karyawan, pengunduran diri permanen secara sukarela maupun tidak dari suatu organisasi. Apa kelebihan & kekurangan perputaran karyawan?

4.Perilaku menyimpang di tempat kerja, perilaku yang melanggar norma organisasi yang dpt mengancam kesejahteraan anggota. (norma => kebijaksanaan perusahaan yg melarang perilaku tertentu spt mencuri)

5.Perilaku kewargaan organisasi, perilaku yang tidak menjadi bagian dari kewajiban kerja formal seorang karyawan, namun mendukung berfungsinya organisasi tsb secara efektif (contoh: membantu individu lain dlm tim, kerja ekstra, dg besar hati menoleransi kerugian& gangguan terkait pekerjaan yg kadang terjadi)

6.Kepuasan kerja, perasaan positif tentang pekerjaan seseorang yg merupakan hasil dari evaluasi karakteristiknya

Variabel Independen

  • Sebab yg diperkirakan dari beberapa perubahan dalam variable dependen. (factor penentu utama dari variable dependen)
  • Variabel tingkat individual => sikap, emosi, kepribadian, motivasi
  • Variabel tingkat kelompok => komunikasi, kepemimpinan, kekuasaan dan politik, level-level konflik
  • Variabel tingkat organisasi => Budaya organisasi, kebijakan Sumber Daya Manusia

Ringkasan

  • Manajer harus mengembangkan keahlian antarpersonal atau personal mereka jika ingin memperoleh keefektifan dalam pekerjaan.
  • PO adalah bidang studi yg menyelidiki pengaruh yg dimiliki oleh individu, kelompok, dan struktur terhadap perilaku dalam organisasi dan bidang ini diterapkan untuk membuat organisasi bergerak lebih efektif.
  • Secara khusus, PO bergerak pada cara meningkatkan produktivitas; mengurangi tingkat ketidakhadiran tanpa izin, perputaran karyawan, dan perilaku menyimpang di tempat kerja; serta meningkatkan perilaku kewargaan organisasional dan kepuasan kerja.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s