Jawaban Inisiasi 3

Pertanyaan:

  1. Beberapa basis segmentasi dapat digabung dan menjadi dasar bagi pemasar dalam menawarakan produknya. Seperti pada penawaran produk mobil mewah dan smart phone (misal iPhone), maka segmentasi dilakukan bisa berdasar basis psikografik, benefit, behavior, dan demografi. Jelaskan secara lebih lanjut per produk tersebut.
  2. Apabila pemasar sudah menemukan dasar segmentasi, langkah selanjutnya adalah melakukan penentuan pasar, maka untuk produk mobil mewah dan smart phone tersebut, strategi penentuan pemasaran apa yang sesuai? Apakah differentiated marketing, undifferentiated marketing, ataukah concentrated marketing? Jelaskan secara tepat untuk masing-masing produk.
  3. Ketika pemasar sudah mengetahui dengan tepat strategi segmentasi dan targetting nya, maka pemasar perlu melakukan posititoning (penentuan posisi produk). Coba jelaskan strategi pemosisian produk untuk mobil mewah dan smart phone tersebut.
  4. Anda bisa menjelaskan strategi STP (poin 1, 2, 3) pada produk kategori produk ekskusif lainnya yang Anda ketahui. Jangan copy paste dari teman ya. bacalah modul dan materi inisiasi terlebih dulu. Jangan hanya memberi tanggapan tanpa ada dasar teori, atau just common sense saja.

 

Jawaban:

Nomor 1. Psikografik: dapat menimbulkan kesan glamour, karena diiklankan oleh bintang internasional atau kelas papan atas,

Benefit: membantu konsumen untuk berkomunikasi dengan berbagai macam feature yang dimilikinya dan menjadi alat transportasi yang luxurious,

Behavior: terdapat berbagai macam warna dan pilihan, dan

Demografi: ditujukan untuk kaum menengah ke atas yang memiliki uang berlebih baik itu pria maupun wanita tanpa batasan umur

 

Nomor 2. Penentuan pasarnya adalah concentrated marketing, karena untuk produk mobil mewah dan iphone pastinya berbiaya mahal dan memang ditujukan untuk kalangan menengah ke atas dan bukan untuk konsumen pada umumnya yang mampu membeli barang-barang tersebut. Kalau mobil misalnya ditujukan untuk artis, pejabat ataupun pebisnis yang sukses. Untuk iphone, meskipun mahal, tapi karena sudah menjadi salah satu gaya hidup dan keharusan oleh kebanyakan orang dan kaum muda yang mengerti trendi, maka bisa saja di beli oleh kalangan menengah ke atas. Jadi, penentuan pasar yang paling cocok adalah differentiated marketing dengan menjual produk iphone dari yang paling murah di bawah 3 juta (dengan feature yang sedikit) hingga iphone yang harganya bisa mencapai belasan juta.

Nomor 3. Positioning biasanya dikaitkan dengan merek, contoh misalnya Mercedes benz menggunakan positioning melalui imajinasi. Semua orang akan tahu ketika mendengar kata “Mercedes benz” maka yang ada di benak mereka adalaha mobil yang luxurious. Untuk produk iphone, menurut saya positioning yang digunakan adalah positioning kepada pesaing, karena produk smartphone ditujukan untuk semua kalangan. Produk iphone memberikan feature yang tidak dimiliki oleh pesaing lain, seperti memiliki aplikasi sendiri, baterai awet yang tidak bisa dicabut yang katanya memiliki kelebihan dibandingkan dengan produk sejenis.

 

Nomor 4. Contoh produk lain adalah tepung terigu.

  • Psikografik: dapat menimbulkan kesan senang dan kepuasan untuk orang yang suka memasak karena bisa mengeksplore menu baru,
  • Benefit: sebagai bahan makanan, membuat makanan jadi lebih bervariasi dalam pengolahannya
  • Behavior: terdapat berbagai macam merek dan pilihan, dan
  • Demografi: ditujukan untuk semua kaum yang gemar memasak, terutama ibu-ibu.

Penentuan pasarnya adalah undifferentiated marketing, karena produk ini digunakan oleh semua kalangan dalam kehidupan sehari-hari ketika memasak dengan harga yang terjangkau.

Positioningnya berdasarkan manfaat produk, karena tepung yang yang satu bisa saja digunakan untuk membuat ayam, yang lainnya digunakan untuk memasak kue. Selain itu, harganya juga bervariasi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s