Jawaban Inisiasi 3 Komunikasi Bisnis

Menurut saya, kemampuan menyusun pesan komunikasi bisnis ini sangatlah penting karena sangat berpengaruh pada hubungan bisnis antara 2 pihak atau lebih. Misalnya, ketika menulis pesan menggunakan bahasa Inggris, kita bisa menggunakan
“Dear Mr. Smith”

“Dearest Smith”

Untuk contoh yang pertama itu sifatnya formal (menggunakan kata dear). Kalau untuk contoh yang kedua justru artinya menunjukkan orang yang sudah dekat (akrab) (menggunakan kata dearest). Dari situ saja sudah berbeda maksud. Kita benar-benar harus menggunakan jenis kata-kata yang sesuai agar si penerima pesan komunikasi bisnis tersebut tidak merasa tersinggung. Isi komunikasi menunjukkan suatu kesan kepada penerima.

Selain itu, isi komunikasi bisnis yang baik haruslah tidak bertele-tele, ringkas dan tepat sasaran. Hal ini dimaksudkan agar isi pesan tersebut bisa langsung memahami maksud dari isi pesan tersebut.

 

Dalam kehidupan nyata saya, misalnya ketika saya melakukan bisnis dengan orang asing. Di akhir pesan, orang asing tersebut menulis kata “tanti baci” yang artinya “cium”. Kita harus memahami kalau ini maksudnya si pengirim pesan tersebut telah merasa akrab dengan kita, sehingga kita harus benar-benar memahami kultur/budaya dan kebiasaan-kebiasaan dengan rekan bisnis kita.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s