Jawaban Tugas 1 Kombis

Nomor 1

Jelaskan komponen komunikasi menurut Lasswell dalam kasus ketika anda melakukan proses transaksi Jual Beli dengan Pelanggan !

Jawab

Komunikasi adalah suatu proses penyampaian informasi (pesan, ide, gagasan) dari satu pihak kepada pihak lain. Pada umumnya, komunikasi dilakukan secara lisan atau verbal yang dapat dimengerti oleh kedua belah pihak. Apabila tidak ada bahasa verbal yang dapat dimengerti oleh keduanya, komunikasi masih dapat dilakukan dengan menggunakan gerak-gerik badan, menunjukkan sikap tertentu, misalnya tersenyum, menggelengkan kepala, mengangkat bahu. Cara seperti ini disebut komunikasi nonverbal. Menurut Laswell komponen-komponen komunikasi adalah:

  1. Pengirim atau komunikator (sender) adalah pihak yang mengirimkan pesan kepada pihak lain.
  2. Pesan (message) adalah isi atau maksud yang akan disampaikan oleh satu pihak kepada pihak lain.
  3. Saluran (channel) adalah media di mana pesan disampaikan kepada komunikan. dalam komunikasi antar-pribadi (tatap muka) saluran dapat berupa udara yang mengalirkan getaran nada/suara.
  4. Penerima atau komunikate (receiver) adalah pihak yang menerima pesan dari pihak lain
  5. Umpan balik (feedback) adalah tanggapan dari penerimaan pesan atas isi pesan yang disampaikannya.
  6. Aturan yang disepakati para pelaku komunikasi tentang bagaimana komunikasi itu akan dijalankan (“Protokol”)

(Sumber definisi: https://id.wikipedia.org/wiki/Komunikasi)

Komunikasi yang diterapkan dalam melakukan proses transaksi Jual Beli dengan Pelanggan.

Misalnya calon pembeli melihat barang yang dijual di etalase, kemudian calon pembeli ini bertanya kepada penjual. Pembeli yang bertanya terlebih dahulu disebut sebagai sender, sementara penjual yang meresponnya disebut sebagai receiver. Misalnya ketika bertanya, pembeli berbicara “Berapa harga baju ini?” (isi pembicaraan ini disebut sebagai pesan) dan penjual menjawab “50 ribu” (ini disebut sebagai umpan balik). Saluran komunikasi ini adalah verbal dan dilakukan secara langsung bisa menggunakan udara yang mengalir dari getaran udara.


Nomor 2

Gangguan komunikasi apa yang akan terjadi dalam proses transaksi Jual Beli dengan Pelanggan dilihat dari psikologis, fisik, semantik dan mekanis

Jawab

  1. Hambatan psikologis. Umumnya disebabkan komunikator dalam melancarkan komunikasi tidak mengkaji dulu diri dari komunikan. Misalnya ketika si A (sender) yang orang Batak berbicara blak-blakan dan keras tanpa memikirkan perasaan si B (receiver). Akhirnya si B merasa tersinggung dan enggan berbicara dengan si A. Demikian pula seseorang yang sedang tertekan (depresi) tidak akan dapat melakukan komunikasi dengan baik.
  2. Gangguan fisik misalnya jika seorang mengalami gangguan pendengaran maka ia akan mengalami hambatan komunikasi. Disini si A (sender) harus berbicara lantang karena si B (receiver) agak tuli jadi tidak bisa cepat paham ketika 2 orang ini sedang berkomunikasi. Biasanya kalau si A bisa menggunakan bahasa isyarat, dia bisa menambahkan gerak gesture tubuh ketika sedang berbicara.
  3. Gangguan semantik. Gangguan jenis ini bersangkutan dengan pesan komunikasi yang pengertiannya menjadi rusak. Gangguan semantic tersaring ke dalam pesan melalui penggunaan bahasa. Lebih banyak kekacauan mengenai pengertian suatu istilah atau konsep yang terdapat pada komunikator, akan lebih banyak gangguan semantic dalam pesannya. Gangguan ini terjadi dalam salah pengertian. Misal, si A yang orang kampung sok-sok an menggunakan bahasa Inggris dan bilang “Kamu jangan menjudge saya”, padahal si B yang terdidik dan sedang kuliah S3 tidak sedang menjudge si B, melainkan sedang memberikan opini. Kata “menjudge” dan “memberikan opini” jelas sangat jauh sekali artinya.
  4. Gangguan mekanik. Gangguan yang disebabkan oleh saluran komunikasi atau kegaduhan yang bersifat fisik. Misalnya ketika di pabrik, atasan berbicara kepada bawahan ketika mereka berdua bertemu di plant pabrik. Suara dari kegaduhan mesin pabrik sangat menghambat proses komunikasi yang baik.

(Sumber definisi: https://itha911.wordpress.com/kumpulan-makalah-2/hambatan-komunikasi/)


Nomor 3

Toko Sinta adalah sebuah organisasi. Sebutkan Stakeholder internal dan eksternal dari toko Sinta, serta berikan contoh bentuk komunikasi yang terjadi.

Jawab

Definisi stakeholders menurut Freeman (1984) merupakan individu atau kelompok yang bisa mempengaruhi dan/ atau dipengaruhi oleh organisasi sebagai dampak dari aktivitas-aktivitasnya. Sedangkan Chariri dan Ghazali (2007, h.32) mengatakan bahwa perusahaan bukanlah entitas yang hanya beroperasi untuk kepentingannya sendiri namun harus memberikan manfaat bagi stakeholders-nya (shareholders, kreditor, konsumen, supplier, pemerintah, masyarakat, analis dan pihak lain). Sedangkan Rudito (2004) mengemukakan bahwa perusahaan dianggap sebagai stakeholders, jika mempunyai tiga atribut, yaitu: kekuasaan, legitimasi dan kepentingan.

Mengacu pada pengertian stakeholders diatas, maka dapat ditarik suatu penjelasan bahwa dalam suatu aktivitas perusahaan dipengaruhi oleh faktor-faktor dari luar dan dari dalam, yang kesemuanya dapat disebut sebagai stakeholders.  Kelangsungan hidup perusahaan bergantung pada dukungan stakeholders dan dukungan tersebut harus dicari sehingga aktivitas perusahaan adalah untuk mencari dukungan tersebut. Makin powerful stakeholders, makin besar usaha perusahaan untuk beradaptasi. Pengungkapan sosial dianggap sebagai bagian dari dialog antara perusahaan dengan stakehoders-nya (Chariri dan Ghazali, 2007).

Stakeholders internal adalah stakeholders yang berada di dalam lingkungan organisasi. Misalnya karyawan, manajer dan pemegang saham (shareholder). Sedangkan stakeholders eksternal adalah stakeholders yang berada di luar lingkungan organisasi, seperti penyalur atau pemasok, konsumen atau pelanggan, masyarakat, pemerintah, pers, kelompok social responsible investor, licensing partner dan lain-lain.

(sumber: http://www.rahmatullah.net/2012/01/stakeholders-dalam-csr.html)

Pada kasus toko Sinta. Stakeholder internalnya adalah penjaga toko, supervisor toko, boss. Sementara itu stakeholder eksternalnya adalah pembeli, supplier, investor dan sebagainya. Contoh dari bentuk komunikasi yang bisa terjadi pada toko Sinta adalah ketika pembeli datang ke toko tersbeut dan bertanya tentang produk yang konsumen ingin beli, atau misalnya ketika supervisor bertemu dengan supplier menanyakan tentang barang-barang inden atau reject.


Nomor 4

Buatlah sebuah pesan ajakan Kuliah di UT dengan memperhatikan Prinsip Komunikasi bisnis 7C.

Jawab

Untuk melakukan Komunikasi yang Efektif, terdapat 7 faktor Komunikasi yang perlu diperhatikan. 7 Faktor Komunikasi ini sering disebut dengan 7C Komunikasi atau 7C of Communication.

  • Clear (Jelas). Sangat kita berbicara atau menuliskan suatu pesan kepada orang lain, pastikan pesan yang kita berikan tersebut memiliki tujuan yang jelas. Apa yang sebenarnya yang kita inginkan dari pemberian pesan tersebut.
  • Concise (Ringkas). Komunikasi harus dilakukan secara Ringkas namun tetap fokus pada poin yang ingin kita sampai. Penyampaian pesan dengan kalimat yang berlebihan akan membingungkan pendengar ataupun pembaca terhadap maksud dari pesan kita tersebut.
  • Concrete (Konkret). Pesan yang disampaikan harus Konkret, dengan demikian pendengar atau pembaca dapat memahami dengan jelas pesan yang disampaikan tersebut secara keseluruhan dan fokus pada maksud yang ingin disampaikan. Biasanya didukung dengan fakta dan data sehingga di tidak disalahtafsirkan.
  • Correct (Benar). Pesan yang disampaikan harus bebas dari kesalahan tata bahasa sehingga mudah dimengerti oleh penerima pesan tersebut.
  • Coherent (Koheren/Masak akal). Komunikasi Koheren adalah komunikasi yang logik atau masuk akal, semua pesan yang diberikan sesuai dengan topik pembicaraan utama.
  • Complete (Lengkap). Komunikasi harus lengkap, kita harus memberikan pesan secara lengkap kepada penerima pesan tersebut sehingga penerima pesan mengetahui maksud dan tujuan dari pesan yang bersangkutan.
  • Courteus (Sopan). Komunikasi yang dilakukan dengan sopan, ramah dan terbuka tanpa ada sesuatu yang terselubung didalamnya.

(sumber: http://ilmumanajemenindustri.com/pengertian-komunikasi-7c-untuk-komunikasi-efektif/)

Contoh: Teman-teman, Marilah kita melanjutkan kuliah di Universitas Terbuka. Biaya kuliah di UT ini sangatlah terjangkau. Selain itu, belajar di UT sangatlah fleksibel, karena kita bisa belajar kapanpun dan dimanapun selama kita memiliki laptop atau smartphone berbasis android dan koneksi internet yang memadai. Kuliah di UT merupakan jawaban terbaik bagi mereka yang ingin belajar di kampus tanpa harus mengganggu aktivitas bekerjanya. Terima Kasih.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s