Jawaban Diskusi 4 Manajemen Pemasaran EKMA 4216

  1. Beri penjelasan dan contoh dari jenis barang konsumen:
  2. Convenience Goods
  3. Shopping Goods
  4. Specialty Goods

 

  1. Jelaskan dan beri contoh perbedaan barang dan jasa

 

JAWAB

SOAL NOMOR 1 (Sumber Jawaban: Modul UT Inisiasi 4)

  • Convenience Goods (Barang konvenien), yaitu barang-barang yang relatif mudah dipakai dan mudah untuk diperoleh. Ciri lain dari barang konvenien adalah memiliki harga yang relatif murah, frekuensi pembeliannya tinggi, dan konsumen dalam membuat keputusan beli hanya mengeluarkan sedikit usaha dan pertimbangan. Misal barang-barang kebutuhan sehari-hari seperti sabun, gula pasir, surat kabar, dan lain-lain.
  • Shopping Goods (Barang belanjaan), yaitu barang-barang yang harus dicari dulu oleh pembeli bila ingin membelinya, karena tidak tersedia di semua tempat. Sebelum memutuskan untuk membeli, biasanya pembeli akan mempertimbangkan masak-masak beberapa hal seperti harga, mutu dan warna. Misalnya, perkakas rumah tangga, pakaian atau barang-barang elektronik.
  • Specialty Goods (Barang spesial), yaitu barang-barang yang mempunyai ciri khas unik (identifikasi merk), harganya relatif mahal dan terdapat pada tempat-tempat tertentu saja, dimana untuk memperolehnya sekelompok pembeli bersedia mengeluarkan pengorbanan yang cukup besar. Misalnya, barang-barang mewah dengan jenis dan merek tertentu, mobil, peralatan fotografi, dan barang antik.

 

SOAL NOMOR 2 (Sumber Jawaban: Manajemen karangan Richard L. Daft Edisi 6 Buku 2, 610-611)

Perbedaan barang dan jasa

Organisasi manufaktur merupakan organisasi yang memproduksi barang-barang fisik. Organisasi jasa merupakan organisasi yang memproduksi hasil-hasil nonfisik yang membutuhkan keterlibatan pelanggan dan tidak bisa disimpan dalam persediaan.

Jasa berbeda dari produk buatan pabrik dalam dua hal. Pertama,pelanggan jasa terlibat dalam proses produksi yang aktual. Pasien benar-benar mengunjungi dokter untuk menerima jasa, dan sulit untuk membayangkan seorang penata rambut yang memberikan jasa tanpa ada kontak langsung dari pelanggan. Hal yang serupa juga berlaku bagi perusahaan penerbangan, restoran, dan bank. Kedua, barang-barang buatan pabrik dapat disimpan dalam persediaan, sementara hasil-hasil jasa, karena tidak dapat diraba, tidak dapat disimpan. Produk-produk buatan pabrik seperti pakaian, makanan, mobil, dan DVD player semua dapat disimpan di gudang dan dijual di kemudian hari. Tetapi, seorang penata rambut tidak dapat mencuci, memotong, dan menata rambut terlebih dahulu dan menyimpannya di rak sampai pelanggan tiba, begitu juga seorang dokter tidak dapat menyimpan pemeriksaan dalam persediaan. Jasa harus diciptakan dan disediakan untuk pelanggan tepat pada saat diinginkan.

Di samping perbedaan antara perusahaan manufaktur dan perusahaan jasa, mereka menghadapi masalah-masalah operasional yang sama. Pertama, setiap jenis organisasi harus memperhatikan penjadwalan. Sebuah klinik medis harus menjadwalkan janji sehingga waktu dokter dan pasien akan digunakan dengan efektif. Kedua, baik organisasi manufaktur maupun organisasi jasa harus memperhatikan kualitas dan produktivitas. Karena banyak masalah operasional yang serupa, alat-alat dan teknik-teknik manajemen operasi dapat dan harus diterapkan pada organisasi jasa seperti yang sudah diterapkan pada operasi manufaktur.

 

 

Organisasi Manufaktur Organisasi Jasa
1.       Memproduksi barang fisik

2.       Barang disediakan untuk pemakaian di kemudian hari

3.       Kualitas diukur secara langsung

4.       Hasil yang terstandarisasi

5.       Proses produksi jauh dari pelanggan

6.       Tempat fasilitas cukup penting bagi keberhasilan bisnis

7.       Padat modal

8.       Contoh: pabrik pembuat mobil, perusahaan baja, perusahaan minuman ringan

1.    Memproduksi hasil nonfisik

2.    Produksi dan konsumsi yang terjadi bersamaan

3.    Kualitas dirasakan dan sulit untuk diukur

4.    Hasil yang disesuaikan dengan keinginan pelanggan

5.    Pelanggan berpartisipasi dalam proses produksi

6.    Tempat fasilitas sangat penting bagi keberhasilan perusahaan

7.    Padat karya

8.    Contoh: perusahaan penerbangan, hotel, firma hukum

 

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s