Tugas 3 Komunikasi Bisnis EKMA 4159

SOAL TUGAS 3 Komunikasi Bisnis EKMA 4159

1) Karang taruna di desa saudara berencana akan menaikan iuran kegiatan kepemudaan mulai bulan depan, saudara diminta melobi pengurus supaya iuran tidak dinaikkan. Jelaskan langkah-langkah yang saudara ambil menurut dimensi hubungan manusia dari Philips  Lesly dalam Managing Human Climate!

2) Suatu hari tutor saudara mengumumkan perubahan jadwal, kebanyakan dari saudara tidak bisa. Jelaskan 5 langkah yang akan saudara lakukan untuk bisa bernegosiasi dengan gaya negosiasi “menang-menang”!

 

Jawaban:

NOMOR 1

  1. Menurut saya, yang pertama kali harus dilakukan adalah menganalisis dulu suasana yang ada. Mengapa Pengurus akan menaikkan iuran kegiatan kepemudaan? Atas motif apa para pengurus ini menaikkan iuran
  2. Mengetahui sifat-sifat pengurus seperti apa? Apakah mereka adalah jenis orang-orang yang mungkin bisa kita ajak diskusi atau orang yang anarkis dan mudah marah? Selain itu kita juga harus mengajak teman-teman kita yang sepamahaman untuk membantu kita dalam melobi dengan para pengurus nantinya
  3. Lebih lanjut mencari kelompok kecil yang akan menjadi lawan dan kawan kita
  4. Membentuk koalisi atau dengan berbagai kelompok yang setuju dan sepemahaman dengan kita sehingga mereka bisa memihak atau menyetujui adanya perubahan guna mendukung kita.
  5. Menetapkan tujuan, point-point apa yang nantinya akan kita lobi atau diskusikan dengan pihak pengurus, sehingga tujuan kita sesuai dengan pola-pola yang mungkin muncul pada saat upaya yang kita lakukan dalam memberikan hasil.
  6. Menganalisis kira-kira penyebab kasus atau risiko apa yang muncul ketika kita melobi dengan pengurus apakah mereka bisa diajak berkompromi atau tidak dan kemudian merumuskannya sehingga setiap orang dengan mudah, cepat dan tepat mampu memahami kasus tersebut.
  7. Menganalisis segmen-segmen khalayak. Mengembangkan strategi dan imbauan yang tepat untuk setiap segmen khalayak .
  8. Memperhitungkan media dan saluran komunikasi lain yang ada, yang tentunya bisa kita manfaatkan untuk kepentingan penyebaran informasi kita. Misalnya dengan membuat whatsApp group dalam menyebarkan informasi yang ada.
  9. Mengembangkan kasus. Dengan mengingat adanya orang yang amat ahli dan kita memiliki tujuan yang jelas, maka perhitunhan kasus tadi secepatnya sebelum diubah menjadi kebijakan dan peraturan.
  10. Menjaga fleksibilitas. Setiap pokok persopalan itu pasti banyak liku-liku dan jebakannya, karena itu sebagai seorang pelobi, kita harus memiliki kemampuan berkelit dan taktis.

 

Nomor 2

  1. Berdiskusi dengan teman-teman apa yang harus dilakukan. Jika benar-benar semua teman tidak bisa mengikuti perubahan jadwal, maka harus dicari tahu alasannya. Apakah alasannya kuat atau tidak. Alasan yang kuat dapat dijadikan alasan yang tepat untuk bernegosiasi.
  2. Berbicara dengan tutor secara baik-baik dan menjelaskan tentang penolakan perubahan jadwal beserta alasannya.
  3. Berbicara langsung dengan tutor secara baik-baik kalau perubahan jadwal itu tidak bisa dilakukan karena memang sudah tanggung jawabnya tutor untuk mengajar sesuai dengan jadwal yang ditentukan.
  4. Jika memang tutor tidak bisa mengajar, maka coba untuk diskusikan bagaimana langkah yang sesuai supaya peserta atau mahasiswa tidak dirugikan karena sudah membayar uang kuliah.
  5. Menerima keputusan final asal perubahan tetap tidak berubah. Mungkin tutor akan memberikan tugas, atau mungkin ada tutor pengganti sementara. Jika tutornya tidak mau kalah, maka cara satu-satunya adalah mencari pihak ketiga yaitu langsung berbicara dengan pihak UT tentang isu yang sedang beredar saat itu.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s